Langsung ke konten utama

Describe some Ingredients

Berikut ini adalah deskripsi suatu bahan yang terdiri dari nama bahan, history,kandungan gizi ,dan juga fungsinya :


1.bayam

   Bayam (Amaranthusspp.) merupakan tumbuhan yang biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau.Tumbuhan ini berasal dari Amerika tropik namun sekarang tersebar ke seluruh dunia.Tumbuhan ini dikenal sebagai sayuran sumber zat besi yang penting.
Bayam sebagai sayur hanya umum dikenal di Asia Timur dan Asia Tenggara, sehingga disebut dalam bahasa Inggris sebagai Chinese amaranth. Di Indonesia dan Malaysia, bayam sering disalahartikan menjadi "spinach" dalam bahasa Inggris(mungkin sebagai akibat penerjemahan yang dalam film kartun Popeye), padahal nama itu mengacu ke jenis sayuran daun lain Bayam (Spinacia).

kandungan gizi yang terdapat pada tanaman bayam :
Kandungan nutrisi yang terdapat dalam 100 gram daun bayam adalah 2,3 gram protein; 3,2 gram karbohidrat; 3 gram besi dan 81 gram kalsium. Bayam juga kaya akan berbagai macam vitamin dan mineral, yakni vitamin A, vitamin C, niasin, thiamin, fosfor, riboflavin, natrium, kalium dan magnesium.
  \
fungsi bayam bagi kesehatan manusia :

1. Baik untuk Diet

Jika Anda sedang berada dalam program diet, maka bayam merupakan sayuran yang perlu untuk Anda konsumsi. Bayam mengandung 20 persen serat makanan baik untuk membantu pencernaan, mencegah sembelit, mempertahankan gula darah rendah.

2. Melawan Kanker

Dalam daun bayam terdapat kandungan flavonoid, yaitu sebuah phytonutrisi yang memiliki sifat anti-kanker. Sebuah studi menunjukkan bahwa flavonoid mampu mencegah terjadinya pembelahan sel kanker pada perut, kanker prostat dan sel kanker kulit. Kandungan flavonoid pada bayam juga terbukti menurunkan risiko kanker sebesar 34% terutama pada kanker payudara, kanker rahim.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Mengkonsumsi bayam dapat membantu mata agar terhindar dari katarak dan degenerasi makula. Hal ini berkat kandungan karotenoid, salah satu bentuk antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain baik untuk menjaga kesehatan mata, bayam juga mampu menjaga kesehatan tulang. Bayam mengandung vitamin K tinggi, dalam setengah cangkir saja sudah memenuhi kebutuhan vitamin K harian. Vitamin K ini sangat penting untuk mencegah pengeroposan tulang. Selain itu, masih ada mineral lainnya seperti magnesium, seng, tembaga dan fosfor juga membantu menguatkan tulang.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin A yang tinggi pada bayam mampu menjaga kesehatan kulit dan menjaga kelembaban pada lapisan epidermis, mengatasi jerawat, prosiasis hingga keriput.

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Satu cangkir bayam sudah bisa memenuhi kebutuhan gizi harian vitamin A. Melindungi dan memperkuat "entry point" ke dalam tubuh manusia, seperti membran mukosa, saluran pernapasan, saluran kemih dan usus. Juga merupakan komponen kunci dari limfosit atau sel darah putih yang memerangi infeksi sehingga terhindar dari berbagai penyakit.

7. Anti-inflamasi

Bayam memiliki sifat alkalinitas yang tinggi. Sayuran ini merpakan pilihan yang sempurna bagi penderita penyakit inflamasi, seperti rheumatoid arthritis dan osteoarthritis.

8. Mencegah penyakit Kardiovaskular

Sayuran ini merupakan sumber asam folat yang baik, juga mengandung choline dan inositol. Asam folat berfungsi mengurangi homosistein, asam amino yang ditemukan dalam darah yang bertanggung jawab terhadap tingginya resiko penyakit jantung. Sementara choline dan inositol membantu mencegah pengerasan pembuluh darah.

9. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Bayam merupakan sayuran sumber kalium tinggi namun rendah kandungan sodiumnya. Keseimbangan dua mineral ini sangat membantu pasien darah tinggi dalam menurunkan tekanan darahnya. Kandungan asam folat dalam bayam juga turut andil dalam elastisitas pembuluh darah sehingga sirkulasi darah menjadi lancar.

10. Menurunkan Risiko Diabetes

Jika Anda adalah termasuk orang dengan risiko tinggi terkena diabetes, maka mengkonsumsi bayam adalah baik. Mengkonsumsi bayam secara rutin membantu menjaga tingkat gula dalam darah agar tetap stabil. Kandungan magnesiumnya sangat dibutuhkan oleh penderita diabetes untuk mencegah terjadinya komplikasi.

11. Mencegah Anemia

Bayam merupakan sayuran dengan kandungan zat besi yang tinggi, jadi sangat cocok bagi Anda yang memiliki resiko tinggi terkena anemia.  Zat besi membantu proses pembentukan sel darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

12. Mengobati Gusi Berdarah

Pendarahan pada gusi bisa disebabkan oleh karena kekurangan vitamin C dan terlalu banyak asupan gula halus dalam tubuh. Untuk mengatasinya Anda dapat mengkonsumsi bayam dengan wortel dibuat jus

 2. tomat



Tomat (Solanum lycopersicum) adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat sendiri memiliki siklus hidup yang singkat dan memiliki tinggi antara 1 hingga 3 meter. (wikipedia.org)
Tomat sendiri memiliki khasiat antara lain mencegah kanker, karena tomat pada warna merahnya banyak mengandung Lycopene..
Namun di Indonesia sendiri produksinya dari segi kualitas maupun kuantitasnya sendiri masih rendah. Hal tersebut disebabkan oleh keadaan tanah pada lahan yang ditanami, sistem pemupukan yang tidak seimbang, gangguan hama dan patogen, teknis budidaya oleh petani, serta pengaruh iklim dan cuaca pada tanaman tomat. Salah satu syarat ideal dari tumbuh kembang tomat yakni curah hujan 750-1250 mm/tahun dan kelembaban relatifnya  +/- 25 %.
Pada saat hujan tanaman tomat rentan sekali terkena penyakit. Antara lain seperti layu fusarium, dan hawar daun. Hal tersebut disebabkan patogen tumbuh sangat cepat dalam keadaan lembab dan suhu yang rendah. Seperti halnya penyakit hawar daun yang disebabkan jamur  Phytopthora infestans. Jamur P.infestanssangat menyenangi keadaan lembab dan suhu yang rendah.
KANDUNGAN NILAI GIZI TANAMAN TOMAT
1.        Karoten                       ( Vitamin A )
2.        Thiamin                       ( Vitamin B )
3.        Ribflavin                     ( Vitamin B2 )
4.        Asam Askorbut           ( Vitamin C )
5.        Protein                        
6.        Karbohidrat
7.        Lemak
8.        Kalsium                       ( Ca)
9.        Fosfor                          ( P )
10.    Zat Besi                       ( Ze )

manfaat tomat bagi kesehatan :

1. Mengurangi kadar lemak penyebab kegendutan

Pada tulisan sebelumnya, lemak dikatakan sebagai pemicu darah tinggi dan meningkatkanya berat badan. Untuk mengurangi jumlah lemak yang menumpuk pada tubuh, dibutuhkan kerja keras dari berbagai upaya seperti olahraga dan pengaturan pola makan.
Apabila Anda sudah banyak berolahraga namun berat tak kunjung menurun, coba bantu dengan konsumsi tomat secara rutin sebelum latihan. Tomat tidak mengandung lemak, justru tinggi protein, karbohidrat, dan kalori. Ketiga nutrisi tersebut mempunyai peranan penting dalam masalah berat badan, Anda bisa mengatur mereka dengan melakukan aktivitas gerakseperti berlari, gym, dan lain-lain.

2. Membentuk otot Anda

Pria bertubuh kurus akan sulit mendapat perhatian kaum hawa, itulah mengapa banyak dari mereka yang rela menghabiskan banyak biaya hanya untuk membentuk tubuh menjadi ideal posturnya. Apakah Anda termasuk salah satu dari mereka?
Jika iya, maka Anda wajib tahu bahwa selain melatih tubuh dengan mengangkat beban, ada hal lain yang wajib dilakukan, yaitu istirahat. Disaat tidur, otot yang sudah dirusak akan disusun kembali dengan bentuk yang lebih sempurna. Anda harus tahu juga bahwa kesempurnaan hasil bentuk dari otot ini juga dipengaruhi oleh beberapa jenis makanan.
Ada makanan penunjang pembentukan otot, dan salah satunya adalah buah tomat. Ini karena tomat sebagai sumber alami yang kaya protein, mudah didapat dengan cara pengolahan yang mudah juga. Jadi, sebelum dan sesudah latihan, tidak ada salahnya Anda makan sepotong buah tomat guna memperbesar peluang sukses pembentukan postur atletis.

3. Mencegah kanker

Berkat antioksidan yang terkandung di dalam buah tomat, penyakit serius seperti kanker payudara, usus besar, dan paru-paru dapat ditangani secara efektif oleh buah ini.
Pernyataan tersebut merupakan simpulan hasil studi yang dimuat di Journal of the National Cancer Institute bahwasanya terdapat hubungan antara konsumsi tomat dengan penurunan risiko kanker. Di mana dari 72 penelitian, terdapat 52 penelitian yang menyatakan bahwa konsumsi tomat dengan jumlah tepat dan cukup dapat menurunkan risiko kanker pankreas, payudara, usus besar (pencernaan), juga leher rahim.

4. Penangkal radikal bebas

Para ahli medis atau spesialis kesehatan memberikan kepercayaan pada flavonoid dan zea-xanthin dalam menangkal radikal bebas. Kedua senyawa ini merupakan antioksidan yang paling banyak terdapat pada buah tomat.

5. Menjaga gigi dan tulang tetap kuat dan sehat

Tomat menjadi penyuplai kalsium yang digunakan untuk memelihara tulang agar tidak gampang keropos, juga menguatkan gigi dan menjaganya tetap sehat. Pada saat pembentukan tulang, kalsium sangat diperlukan agar mendapat hasil yang sempurna.

6. Mengontrol kolesterol penyebab hipertensi (Tekanan darah tinggi)

Tubuh menyimpan dua jenis kolesterol, yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Jumlah kolesterol baik atau HDL kolesterol harus lebih banyak dari jumlah kolesterol jahat, jika tidak maka terjadilah hipertensi atau tekanan darah tinggi.
Cara mengobati tekanan darah tinggi bisa diawali dengan upaya yang mudah, seperti makan buah tomat secara rutin. Alasan memilih tomat sebagai makanan yang harus dikonsumsi adalah kandungan mineral yang tersimpan di dalam tomat membantu mengatur jumlah kolesterol yang beredar dalam darah.


BAWANG MERAH
 
Bawang merah adalah salah satu varietas tumbuhan berumbi yang dapat hidup di dataran tinggi. Bawang merah disebut seperti itu karena memiliki warna ungu kemerahan pada kulitnya dan dagingnya. Bawang merah memiliki tekstur yang mirip dengan bawang bombay yaitu berlapis-lapis namun dengan ukuran yang lebih kecil. Bawang merah berbentuk satuan, tidak seperti bawang putih yang umbinya terkumpul dalam satu kulit. Bawang merah memiliki ciri khas berupa bau yang tajam tetapi tidak setajam bawang putih dan aroma gurih serta sedikit pedas. Bawang merah biasanya dipanen beserta daunnya. Daun bawang merah juga dapat digunakan untuk bahan masakan atau taburan. Bawang merah memiliki tekstur yang lebih berair sehingga lebih mudah dihaluskan untuk bumbu masakan. Bawang merah dapat membentuk kulit baru bila disimpan dalam waktu yang lama dalam keadaan terkupas.
Menurut Allium cepa LBawang merah merupakan salah satu tanaman yang termasuk kedalam umbian tanah, dan juga tanaman yang memiliki perakaran yang serabut di bagian pangkal umbi. Tanaman bawang merah ini  diduga berasal dari Asia Tenggara yang menyebar luas keberbagai wilayah dan juga tempat lainnya, bawang merah ini biasanya digunakan sebagai bumbu atau tambahan masakan yang bertujuan untuk memberikan cipta rasa khusus dalam masakan tersebut.

KANDUNGAN PADA BAWANG MERAH
Satu cangkir bawang merah cincang mengandung sekitar :
  • 64 kalori
  • 15 gram karbohidrat
  • 0 gram lemak
  • 0 gram kolesterol
  • 3 gram serat
  • 7 gram gula
  • 2 gram protein dan 10%
  • Lebih dari kebutuhan harian vitamin C, vitamin B-6 dan mangan
  • Memiliki sejumlah kandungan kalsium, zat besi, asam folat, magnesium, fosfor dan kalium antioksidan quercetin dan sulfur.

MANFAAT BAWANG MERAH BAGI TUBUH

Mengkonsumsi bawang merah dalam masakan tentunya sangat sedap. Namun bagaimana kalau bawang merah yang masih mentah? sepertinya agak berfikir sejenak untuk memakannya bukan, tapi jangan dulu seperti itu karena manfaat bawang merah yang akan kita peroleh, cukup mengobati ketidakenakan karena memakannya. Berikut diantaranya adalah :
1. Pencegahan Kanker
Sayuran allium telah dipelajari secara ekstensif dalam hubungannya dengan kanker, terutama lambung dan kanker kolorektal. Efek yang menguntungkan dari bawang merah, cenderung karena sebagian senyawa organosulfur mereka yang kaya. Meskipun mekanisme yang tepat dimana senyawa ini menghambat kanker belum diketahui. Namun beberapa hipotesis memungkinkan penghambatan pertumbuhan tumor dan mutagenesis.
Bawang juga merupakan sumber vitamin C sebagai antioksidan yang membantu untuk memerangi pembentukan radikal bebas yang diketahui sebagai penyebab kanker.
2. Kanker Prostat
Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of National Cancer Institute, para peneliti menggunakan studi kasus terkontrol yang berbasis pada populasi untuk menyelidiki hubungan antara asupan allium sayuran dan kanker prostat. Mereka menemukan bahwa pria dengan asupan allium sayuran yang tertinggi, memiliki risiko terendah terhadap kanker prostat.
3. Esofagus dan kanker perut
Asupan allium dalam sayuran yang berbanding terbalik dengan risiko terserang kanker perut. Beberapa penelitian pada manusia berbasis survei telah menunjukkan potensi dampak protektif konsumsi alliums, serta laporan dari penghambatan tumor setelah pemberian senyawa allium pada hewan percobaan.
4. Mengatur Tidur dan Suasana hati
Folat ditemukan dalam bawang, dapat membantu depresi dengan mencegah kelebihan homosistein dari pembentukan dalam tubuh, yang dapat mencegah darah dan nutrisi lain untuk mencapai otak. Homosistein mempengaruhi produksi hormon serotonin, dopamine, dan norepinephrine, yang mengatur tidak hanya suasana hati, tetapi juga tidur dan nafsu makan dengan baik.
5. Baik Untuk Jantung
Kandungan sulfida methylallyl dan asam-amino sulfur pada bawang merah, memberikan efek penurunan pada kadar kolesterol jahat dalam darah dan peningkatan pada kadar kolesterol baik. Manfaat bawang putih juga mengontrol tekanan darah tinggi dan membuka arteri yang tersumbat, sehingga mampu meningkatkan kesehatan jantung.


MANFAAT BAWANG MERAH SEBAGAI PENGOBATAN
 Bawang merah mampu meringankan beberapa gangguan kesehatan. Diantaranya adalah :
  1. Mengatasi perut kembung pada anak-anak – Anak-anak dapat dengan mudah terkena masuk angin, yang menyebabkan perut kembung. Untuk mengatasinya caranya mudah, ambil bawang merah yang bersih kemudian haluskan. Berikan sedikit minyak telon, kemudian balurkan pada bagian pusar si kecil.
  2. Meredakan batuk – Batuk sering terjadi pada cuaca dingin dan menyerang anak-anak. Resep penyembuhannya dengan menggunakan parutan bawang merah yang ditambahkan minyak telon balurkan sekujur punggung dengan sedikit diurut.


sumber referensi :
  1. http://cakrawalasehat.blogspot.com/2014/11/manfaat-tomat-untuk-kesehatan-dan-kecantikan.html
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Bawang_merah
  3. https://id.wikipedia.org/wiki/Bayam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Decribe some food 7

Taco A Mexican dish consisting of a small folded corn or flour tortilla filled with beef, pork, chicken, chorizo and/or refried beans and garnished with tomatoes, lettuce, cheeses, onions, guacamole, sour cream, and/or salsa ; can be crisp (deep fried) or soft. The tacos predates the arrival of Europeans in Mexico. There is anthropological evidence that the indigenous people living in the lake region of the Valley of Mexico traditionally ate tacos filled with small fish. Writting at the time of Spanish conquistadors, Bernal Diaz Castillo documented the first taco feast enjoyed by Europeans, a meal which Hernan Cortes arranged for his captains in Coyoacan. It's not clear why Spanish used the word "taco" to describe this indigenous food. Sources : Webster's New World Dictionary of Culinary Arts by Steven Labensky, Gaye R. Ingram, Sarah R. Labensky http://tacospedia.wikia.com/wiki/Tacos Tortila   Tortilla A round, thin, unleavened Mexican bread

Utensil dan equipment

1. UTENSIL  adalah peralatan kecil pada dapur yang tidak bermesin dan mudah untuk dipindahkan contohnya : ~Leadle  Leadle, digunakan sebagai alat untuk mengambil cairan dari bahan makanan seperti soup, stock dan cairan lainnya.  ~Food Tong  Food Tong, biasanya digunakan untuk mengambil bahan makanan agar tidak terkontaminasi seperti gorengan dan kue.  ~Sauce Pan  Sauce pan, digunakan untuk membuat sauce atau bahan makanan yang berkuah lainnya.  2 EQUPMENT   Equipment adalah peralatan dapur yang menggunakan mesin, tidak mudah dipindahkan dan mempunyai bahan bakar.  Contohnya : ~Mixer  Mixer, biasanya digunakan untuk mengocok bahan makanan hingga rata.  ~Blender  Blender, biasa digunakan untuk menghancurkan atau menghaluskan bahan makanan.  ~Table Working   Table working, digunakan sebagai area kerja untuk menyiapkan bahan makanan sebelum di olah.  sumber referensi : http://theflyingpetals.over-blog.com/2016/10/kitchen

English 2

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.. Hello Guys . . . For the blog this time I will tell you about the activities that I did in the kitchen. The first activity I did was to prepare all the ingredients that had been prepared Today's activities that I did in Kitchen were preparing dishes for buffets on campus events attended by guests from abroad and for the menu we provided Indonesian menu. The menu that we prepared is like satay, a typical Bugis cake and some other Indonesian specialties.  After that we take a break and immediately do the cleaning general or clean the work area that we have occupied work starting from any material that needs to be tidied up to the floor you want to clean, then get ready to go home before returning home to pray together to be given a way to the right Thanks . . .