Langsung ke konten utama

Describe some food 5


Anggur
History
Saat banyak orang mengira bahwa wine adalah tren kuliner belaka, sebenarnya sejarah wine ditarik panjang ke belakang. Penggalian Arkeologis menemukan kultivasi anggur telah dimulai sejak 6000 – 5000 tahun sebelum Masehi. Bahkan di Alkitab pun, kata ‘wine’ ada di kitab Kejadian. kutipan @ yohan handoyo dlm di kultwit web decanter.com
Dimulai dengan Nuh dan Perjanjian Lama, pada hingga Mesopotamia kuno dan Mesir, periode Yunani-Romawi, (dengan factoids pada botol anggur tertua di dunia) dan melintasi Atlantik ke New vintners Dunia,
Sejarah anggur rentang ribuan tahun dan erat terkait dengan sejarah pertanian, peradaban masakan, dan kemanusiaan itu sendiri. Bukti Arkeologi menunjukkan bahwa produksi anggur paling awal dikenal terjadi di Georgia sekitar 8.000 SM, dengan situs terkenal lainnya di Iran dan Armenia tertanggal 7.000 SM dan SM 6000, masing-masing  Bukti arkeologi menjadi lebih jelas dan poin untuk domestikasi gosip di situs Awal Zaman Perunggu di Timur Dekat, Sumeria dan Mesir dari sekitar milenium ketiga SM.
Bukti dari produksi Anggur paling awal di Balkan telah ditemukan di situs arkeologi di Makedonia, tanggal sampai 6.500 tahun yang lalu . Situs-situs yang sama juga mengandung sisa-sisa bukti di dunia awal anggur dihancurkan. Di Mesir , anggur menjadi bagian dari sejarah yang tercatat, memainkan peran penting dalam kehidupan upacara kuno. Jejak anggur liar yang berasal dari milenium kedua SM dan pertama juga telah ditemukan di Cina.
Anggur, terikat dalam mitos untuk Dionysus / Bacchus, adalah umum di Yunani kuno dan Roma,  dan banyak besar anggur-daerah penghasil Eropa Barat hari ini telah didirikan dengan perkebunan Funisia dan kemudian Romawi. Anggur teknologi pembuatan , seperti pers anggur, membaik pada masa Kekaisaran Romawi; varietas anggur dan teknik budidaya banyak dikenal dan barel dikembangkan untuk menyimpan dan pengiriman anggur .
Di Eropa abad pertengahan, menyusul jatuhnya Roma dan industri skala anggur produksi untuk di-ekspor, Gereja Kristen menjadi pendukung setia anggur yang diperlukan untuk perayaan Misa Katolik Sedangkan anggur dilarang dalam budaya Islam abad pertengahan, penggunaannya dalam Kristen persembahan anggur kpd dewa secara luas ditoleransi dan Geber dan Ahli kimia Muslim lainnya dirintis distilasi untuk tujuan pengobatan dan industri Islam seperti parfum, Anggur produksi secara bertahap meningkat dan konsumsi yang menjadi populer dari abad ke-15 dan seterusnya, hidup kutu Phylloxera menghancurkan 1870-an dan. akhirnya penetapan daerah berkembang di seluruh dunia.

Nutrion
Di balik warnanya yang eksotis, anggur kaya akan mineral mikronutrien seperti zat tembaga, besi, mangan, dan potasium. Buah yang sering dijadikan bahan utama pembuatan wine ini juga merupakan sumber vitamin C, A, K, karoten, serta vitamin B kompleks seperti pirikoksin, riboflavin, dan tiamin.
Anggur pun diperkaya dengan berbagai antioksidan polifenol. Mulai dari antosianin, stilbene (resveratrol, piceatannol, pterostilbene), flavanol (katekin, epikatekin, prosianidin, proantosianidin, viniferon), flavonol (quercetin, kaempferol, myricetin, isorhamnetin), asam fenolik (asam kafeat, asam kumarat, asam ferulat, asam galat), dan karotenoid (beta karoten, zeaxanthin, lutein).

Kandungan nutrisi anggur per 100 gram.
Kandungan antioksidan ini berbeda pada setiap jenis anggur. Misalnya saja, anggur merah dan ungu banyak mengandung antosianin, sedangkan anggur hijau dan putih lebih banyak memiliki tanin, terutama katekin. Pada umumnya, senyawa antioksidan ini banyak terdapat di bagian kulit dan biji anggur.


Function
Mencegah Jantung Koroner
Anggur merah disebut-sebut dapat mencegah penyakit jantung koroner berkat kandungan senyawa fenol yang punya sifat antioksidan yang sangat kuat. Sedangkan resveratrol pada anggur merah dan hitam khususnya, berpotensi menurunkan risiko terkena jantung koroner (berdasarkan penelitian yang dilakukan di Jepang dan AS). Begitu pula kandungan saponinnya, mampu menghambat penyerapan kolesterol dalam darah.

Mengatasi Insomnia
Sebuah penelitian di Italia menunjukkan bahwa pada anggur terdapat melatonin, suatu hormon yang bisa membantu mengatur jam biologis tidur manusia. Dengan begitu para penderita insomnia boleh berharap dengan mengonsumsi anggur bisa mengatasi masalah tidurnya.

Mengatasi Hipertensi
Kandungan kalium dan melatonin pada anggur bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah, sementara kandungan seratnya mampu membersihkan pembuluh-pembuluh darah dari lemak.

Menghambat Sel Kanker
Sifat antioksidan, senyawa petrostilbene, acutimissin A, resveratrol, asam elagik yang cukup tinggi pada buah anggur menunjukkan kemampuannya dalam menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

Mencegah Diabetes
Kandungan mangan pada anggur mampu membantu menjaga kestabilan gula dalam darah.

Karakteristik
Kulit tipis, rasa manis dan segar.b) Kemampuan tumbuh dari dataran rendah hingga 300 m dari permukaan laut beriklim kering.c) Termasuk jenis ini adalah Gros Colman, Probolinggo Biru dan Putih, Situbondo Kuning, Alphonso Lavalle dan Golden Champion.

 
Kacang Polong
History
Kacang polong yang kaya serat - Melirik nutrisi sehat yang terkandung dalam kacang polong ini memang tidak diragukan. Banyak manfaat sehat yang terkandung didalam nya, karena kaya protein nabati yang diperlukan tubuh.
Kacang polong lebih dikenal dengan nama ercis. Nama ercis ini berasal dari bahas Belanda yang berarti ercis kecil. Sejak itu pula kacang polong masuk wilayah Indonesia. Awalnya orang Belanda yang mengkonsumsi nya sebagai sayuran bagian dari sup ataupun salad. Dan akhirnya lama kelamaan semua orang dapat menikmati sehat kacang polong ini. Yang sudah terbukti banyak mengandung kadar serat sehat yang dibutuhkan tubuh. Kacang polong banyak terdapat dalam masakan mulai dari sup, nasi goreng, masakan tumis, atau juga kini kacang polong dapat dikonsumsi langsung sebagai makanan ringan. Tentunya sudah melalui proses pemanggangan. Kali ini kita akan mengulas manfaat kacang polong bagi kesehatan.

Nutrion
KACANG polong mengandung banyak nutrisi. Seperti karbohidrat, serat, kalsium, seng, magnesium, kalium, zat besi, vitamin C, vitamin B, vitamin A serta Vitamin E. Tak hanya sebagai sumber protein nabati paling baik, kacang polong juga mempunyai kandungan protein yang berguna untuk kesehatan bayi.
Penelitian baru menemukan bahwa, menambahkan kacang polong atau paes lebih banyak untuk diet, bisa bermanfaat bagi kesehatan dalam jangka panjang.Sebuah meta-analisis dari 21 uji klinis, yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa mereka yang menambahkan hanya 3/4 cangkir kacang polong, kacang-kacangan, buncis ke dalam diet harian mereka, mengalami penurunan berat badan 1 kg setelah enam minggu.

"Karena kacang polong memiliki protein dan serat yang unik, mereka bisa membuat Anda tetap kenyang, komponen kunci untuk menurunkan berat badan," kata ahli diet gizi Beth Warren, seperti dilansir laman Glamour, Rabu (4/5)."Serat dalam buncis, kacang dan kacang polong sangat membantu untuk menurunkan berat badan," imbuh ahli gizi-gizi Lisa Moskovitz, CEO dari NY Nutrition Group.
Moskovitz mengatakan serat adalah karbohidrat yang mengandung nol kalori, yang tidak hanya membantu mengatur pencernaan dan mengatur gula darah, tetapi juga menurunkan berat badan."Sayuran dan kacang-kacangan juga memiliki protein, zat besi, kalium dan kalsium. Jadi tentu ada manfaat yang lebih besar dengan makan makanan ini," pungkasnya. (fny/chi/jpnn)

Function
1. Untuk membantu meningkatkan masa otot
Kandungan protein nabati pada kacang polong terbilang cukup tinggi dibandingkan jenis sayur-sayuran lainnya. Pada 100 gr kacang polong terdapat 8 gr protein nabati, hampir setara dengan 28 gr daging sapi dengan kandungan protein 9 gr. Kandungan yang cukup tinggi ini mampu memenuhi kebutuhan protein manusia sehari-hari. Memasukkan kacang polong dalam menu diet anda akan sangat membantu jika anda dalam program menaikan masa otot, dan ditambah dengan asupan sumber protein lainnya seperti manfaat telur.

2. Menurunkan kolesterol
Menurut beberapa penelitian, kandungan omega 3 pada kacang – kacangan dapat menurunkan kolesterol atau lemak jahat. Omega 3 merupakan lemak tak jenuh atau lemak baik yang berperan dalam menetralisir kelebihan lemak jenuh penyebab kolesterol.

3. Untuk melindungi mata
Karotenoid atau istilah lainnya beta karoten merupakan zat alami yang terkandung dalam sayur atau buah-buahan yang berwarna merah, kuning atau orange. Tapi tak menutup kemungkinan sayuran atau buah-buahan yang berwarna lain juga mengandung beta karoten, seperti manfaat bayam dan kacang polong. Fungsi dari beta karoten adalah mengkonversi zat warna pada tanaman, sayuran, buah menjadi vitamin A dan karenanya sebagai sumber vitamin A. Manfaat vitamin A selain untuk mempertahankan kesehatan mata juga bermanfaat sebagai zat antioksidan yang dapat memberikan pertahanan tubuh lebih optimal.

4. Meregenarasi kerusakan sel tubuh
Manfaat vitamin C merupakan salah satu vitamin yang mudah hilang karena aktivitas fisik. Namun, vitamin C juga merupakan zat antioksidan yang berfungsi meregenerasi sel – sel tubuh yang rusak. Karena manfaatnya dalam hal meregenerasi, maka vitamin C akan sangat berguna untuk kecantikan seperti memperbaiki kondisi rambut rusak (kering, bercabang) karena kekurangan vitamin C, memperbaiki kondisi kulit kusam karena vitamin C dapat memproduksi kolagen yang berkhasiat untuk kulit kencang dan cerah.

5. Menurunkan gula darah
Kacang polong merupakan makanan yang kaya serat dan protein. Karena kadar serat dan protein yang tinggi inilah, maka pekerjaan ginjal dalam mengendalikan kadar gula dalam darah terbantu. Diet tinggi protein juga serat terkenal sebagai terapi alami untuk menurunkan gula darah.

Karakteritik
Pisum sativum L memiliki beberapa penyebutan. Di Indonesia Pisum sativum L dikenal dengan sebutan kacang kapri, kacang polong, dan kacang ercis. Tanaman ini termasuk tanaman semusim yang berupa semak dan menjalar. Secara morfologi, kacang polong memiliki batang panjang, kecil dan ramping, tipe daunnya majemuk, menyirip dengan 2-3 anak pasang daun, berbentuk tandan yang terdiri dari 1-2 bunga, kelopak berwarna hijau, terdiri atas 5 daun kelopak. daun mahkota berjumlah 5, berwarna putih, coklat, atau merah muda, benang sari berjumlah sepuluh yang terbagi menjadi 2 berkas. Bakal buah terdiri atas 4-15 bakal biji.


Lemon
History
Asal usul buah lemon, meskipun secara luas dianggap bahwa lemon pertama tumbuh di India, Burma utara, dan Cina. Buah lemon awalnyadikenal karena bersifat antiseptik dan dapat digunakan sebagai penangkal untukberbagai racun. Lemon masuk ke Eropa (di dekat Italia selatan) paling lambat padaabad ke-1 Masehi, pada masa Romawi Kuno. Namun, mereka tidak banyakdibudidayakan. Ia kemudian diperkenalkan ke Persia dan kemudian ke Irak dan Mesirsekitar tahun 700. Lemon pertama kali tercatat dalam literatur dalam risalah Arababad ke-10 pada pertanian, dan juga digunakan sebagai tanaman hias di kebunIslam. Ia didistribusikan secara luas di seluruh dunia Arab dan wilayah Mediteraniaantara AD 1000 dan AD 1150.Asal mula genetik lemon dilaporkan berasal dari perpaduan hibrida antara jeruk asamdan jeruk. Budidaya jeruk terbesar pertama di Eropa dimulai di Genoa padapertengahan abad ke-15.Kemudian diperkenalkan ke Amerika tahun 1493 ketikaChristopher Columbus membawa biji lemon untuk Hispaniola sepanjang perjalananitu. Penaklukan Spanyol di seluruh Dunia Baru membantu menyebarkan biji lemon.Hal ini terutama digunakan sebagai ornamen dan obat Pada abad 18 dan 19, lemonsemakin ditanam di Florida dan California, ketika lemon mulai digunakan dalammasakan dan pemberi aroma.Pada 1747, James Lind's melakukan percobaan pada pelaut menderita penyakit kudisdengan menambahkan vitamin C untuk diet mereka dengan jus lemon. Jalur etimologi dari kata lemon ditemukan dalam dokumen Inggris Tengah 1420-1421,berasal dari kata Lama Prancis , Limone Italia, laymn Arab dan lmn Persia.

Nutrion
Kalori (kcal) 28
Jumlah Lemak 0,3 g
Lemak jenuh 0 g
Lemak tak jenuh ganda 0,1 g
Lemak tak jenuh tunggal 0 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 2 mg
Kalium 138 mg
Jumlah Karbohidrat 9 g
Serat pangan 2,8 g
Gula 2,5 g
Protein 1,1 g
Vitamin A 22 IU
Vitamin C 53 mg
Kalsium 26 mg
Zat besi 0,6 mg
Vitamin D 0 IU
Vitamin B6 0,1 mg
Vitamin B12 0 µg
Magnesium 8 mg

Function
1. Dapat digunakan untuk diet

Lemon bisa membantu memperlancar metabolisme tubuh sehingga lemon bisa digunakan sebagai penurun berat badan yaitu dengan cara mencampurkan lemon yang sudah di buat jus dengan sedikit madu dan air.Lalu minum dua kali sehari yaitu pada pagi hari dan siang hari.

2. Dapat digunakan untuk merawat kulit kepala dan rambut
lemon dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok akibat ketombe dan kerusakan akar rambut. hal ini dapat dilakukan dengan cara lemon di peras dan ambil airnya lalu usapkan pada rambut sebagai masker kemudian pijat tunggu selama 5 hingga 10 menit lalu bilas.

3. Dapat digunakan untuk merawat kulit
banyak sekali manfaat dari lemon untuk kulit contohnya seperti menghilangkan sel-sel kulit mati pada tubuh dan wajah, hal ini dapat dilakukan dengan cara memotong lemon menjadi beberapa bagian,kemudian oleskan pada bagian tubuh dan wajah secara merata diamkan selama 15 menit kemudian bilas menggunakan air hangat maka wajah akan terlihat lebih cerah dan bersih.

4. Dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat
Karena lemon mengandung anti bacterial maka lemon dapat dimanfaatkan untuk mengatasi bakteri penyebab jerawat. caranya ambil sari atau perasan dari lemon kemudian campur dengan madu beberapa tetes. lalu usapkan pada wajah atau bagian yang berjerawat diamkan kemudian bilas.

5. Dapat digunakan untuk memutihkan gigi
pada sari perasan jeruk lemon mengandung kalsium sehingga dapat digunakan untuk memutihkan gigi caranya campur air perasan lemon dengan sedikit baking soda lalu oleskan pada gig yang menguning lalu diamkan kurang lebih 1 menit kemudian sikat dengan sikat gigi lalu bilas. Jangan lakukan hal ini terlalu sering karena dapat merusak email gigi akibat kandungan asam pada air perasan lemon.

Karakteristik
1. Buah lemon memiliki warna hijau dan jika sudah matang buah ini akan berwarnya kuning dan orange.
2. Rasa buah lemon baik yang masih muda maupun matang buah ini memiliki rasa masam
3. Bentuk buah bulat bahkan ada yang bulat lonjong dan pada ujungnya meruncing.
4. Daging buah lemon hampir semuanya berisi air yang dibungkus oleh kulit tipis.
5. Dalam daging buah lemon terdapat biji seperti jeruk pada umumnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Decribe some food 7

Taco A Mexican dish consisting of a small folded corn or flour tortilla filled with beef, pork, chicken, chorizo and/or refried beans and garnished with tomatoes, lettuce, cheeses, onions, guacamole, sour cream, and/or salsa ; can be crisp (deep fried) or soft. The tacos predates the arrival of Europeans in Mexico. There is anthropological evidence that the indigenous people living in the lake region of the Valley of Mexico traditionally ate tacos filled with small fish. Writting at the time of Spanish conquistadors, Bernal Diaz Castillo documented the first taco feast enjoyed by Europeans, a meal which Hernan Cortes arranged for his captains in Coyoacan. It's not clear why Spanish used the word "taco" to describe this indigenous food. Sources : Webster's New World Dictionary of Culinary Arts by Steven Labensky, Gaye R. Ingram, Sarah R. Labensky http://tacospedia.wikia.com/wiki/Tacos Tortila   Tortilla A round, thin, unleavened Mexican bread

Utensil dan equipment

1. UTENSIL  adalah peralatan kecil pada dapur yang tidak bermesin dan mudah untuk dipindahkan contohnya : ~Leadle  Leadle, digunakan sebagai alat untuk mengambil cairan dari bahan makanan seperti soup, stock dan cairan lainnya.  ~Food Tong  Food Tong, biasanya digunakan untuk mengambil bahan makanan agar tidak terkontaminasi seperti gorengan dan kue.  ~Sauce Pan  Sauce pan, digunakan untuk membuat sauce atau bahan makanan yang berkuah lainnya.  2 EQUPMENT   Equipment adalah peralatan dapur yang menggunakan mesin, tidak mudah dipindahkan dan mempunyai bahan bakar.  Contohnya : ~Mixer  Mixer, biasanya digunakan untuk mengocok bahan makanan hingga rata.  ~Blender  Blender, biasa digunakan untuk menghancurkan atau menghaluskan bahan makanan.  ~Table Working   Table working, digunakan sebagai area kerja untuk menyiapkan bahan makanan sebelum di olah.  sumber referensi : http://theflyingpetals.over-blog.com/2016/10/kitchen

English 2

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.. Hello Guys . . . For the blog this time I will tell you about the activities that I did in the kitchen. The first activity I did was to prepare all the ingredients that had been prepared Today's activities that I did in Kitchen were preparing dishes for buffets on campus events attended by guests from abroad and for the menu we provided Indonesian menu. The menu that we prepared is like satay, a typical Bugis cake and some other Indonesian specialties.  After that we take a break and immediately do the cleaning general or clean the work area that we have occupied work starting from any material that needs to be tidied up to the floor you want to clean, then get ready to go home before returning home to pray together to be given a way to the right Thanks . . .